2/09/2010

Menonaktifkan Deepfreeze

Deepfreeze merupakan program untuk 'membekukan' harddisk. Dikatakan membekukan karena deepfreeze akan memproteksi konfigurasi, filesystem Windows dan data-data yang ada di partisi harddisk tersebut. Program ini cocok digunakan di warnet-warnet atau perkantoran yang rentan terhadap serangan virus. Namun, perlu diwaspadai juga bahwa Deepfreeze sekarang juga sudah banyak yang bisa dijebol virus.

Oke, langsung aja kita ke pokok masalah. Untuk mengecek komputer kita diinstal Deepfreeze atau tidak, kita dapat melihatnya di pojok kanan bawah ada icon kepala beruang kutub atau icon salju seperti berikut ini :
Bila ada berarti komputer Anda terproteksi Deepfreeze. Untuk menonaktifkan Deepfreeze, maka berikut langkah-langkahnya.
1. Bila icon gambar beruang (Deepfreeze versi 6), maka tekan tombol : Ctrl + Alt + Shift + F6 secara bersamaan. Bila icon berupa salju (Deepfreeze versi 5 ke bawah), maka tekan tombol Shift + klik icon salju yang ada di pojok kanan bawah. Maka akan muncul menu password.
2. Masukkan password Deepfreeze Anda, kemudian pilih Boot Thawed. Klik OK.
3. Restart komputer Anda. Maka Icon beruang/salju ada tanda silang merah yang berarti Deepfreeze Anda sudah tidak aktif lagi.

0 komentar:

Posting Komentar